Selebrasi kemenangan Timnas Indonesia U-22
Selebrasi kemenangan Timnas Indonesia U-22

Timnas Indonesia U-22 berhasil meraih medali emas di Sea games 2023 setelah menumbangkan Thailand dengan skor 5-2 di Stadion Olimpiade, Phnom Penh Kamboja pada Selasa malam kemarin, 16 Mei 2023.

Kelima gol Timnas Indonesia masing-masing dibukukan Ramadhan sananta (21', 45'), Irfan Jauhari (91'), Fajar Fathur Rahman (109') dan Beckham Putra (120'). Sedangkan dua gol Thailand ditorehkan Anan Yodsangwal (65') dan Yotsangkorn Burapha (90+).


Berikut beberapa fakta mengerikan Timnas Indonesia permalukan Thailand:


1. Penantian 32 Tahun

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri

Photo :
  • Instagram @pssi

Timnas Indonesia berhasil meraih medali emas setelah penantian selama 32 tahun, setelah terakhir kali mendapatkan medali emas pada SEA Games tahun 1991. Medali emas ini merupakan yang ketiga kalinya di cabang olahraga sepakbola setelah di tahun 1987 meraih medali emas pertama.


2. Diwarnai Kartu merah

Indonesia vs Thailand di final SEA Games 2023

Indonesia vs Thailand di final SEA Games 2023

Photo :
  • Youtube

Laga Timnas Indonesia menghadapi Thailand begitu panas. Ada sejumlah pemain beserta official yang mendapatkan kartu merah. Komang Teguh dan kiper Thailand, Soponwit Rakyarat mendapatkan kartu merah karena terlibat pertengkaran di menit ke 101.

Kemudian Bek Thailand, Jonathan Khemdee menyusul setelah melakukan pelanggaran terhadap Ilham Rio Fahmi. Di menit ke 118, pemain Thailand Teerasak mendapatkan kartu merah setelah melakukan pelanggaran keras.

Sementara dua official Thailand mendapatkan dua kartu merah dan satu kartu merah untuk ofisial Timnas Indonesia setelah terjadi keributan dibangku pemain cadangan.

3. Sempat terjadi Pertikaian

Manajer Indonesia U-22, Sumardji

Manajer Indonesia U-22, Sumardji

Photo :
  • Youtube

Laga awalnya berjalan normal. Namun setelah gol Irfan Jauhari untuk keunggulan Timnas Indonesia ketika laga baru berjalan satu menit di babak pertama tambahan waktu.

Tidak lama dari gol tersebut, keributan antara official yang membuat manajer Timnas Indonesia Sumardji tersungkur. Atas kejadian tersebut, dua official Thailand mendapatkan kartu merah.

4. Banyak Pemain yang Kelelahan

Keributan Indonesia vs Thailand

Keributan Indonesia vs Thailand

Photo :
  • Youtube

Laga harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu. Namun banyak pemain dari kedua tim yang kelelahan dan harus ditarik keluar tanpa digantikan oleh pemain lain karena kuota pergantian pemain sudah terpakai.

Meskipun begitu Timnas Indonesia yang jumlah dari segi pemain, mampu meredakan Thailand hingga akhirnya skuad asuhan Indra Sjafri meraih medali emas.

5. Ramadhan Sananta Tampil Gemilang

Penyerang Indonesia U-22, Ramadhan Sananta

Penyerang Indonesia U-22, Ramadhan Sananta

Photo :
  • PSSI

Ramadhan Sanata mampu tampil luar biasa serta berhasil membawa Timnas Indonesia unggul dua gol di babak pertama. Meskipun begitu pemain PSM Makassar tersebut tidak bermain secara penuh.

Sebetulnya seluruh pemain Timnas Indonesia bermain luar biasa serta mampu menunjukkan mental juaranya di hadapan Thailand.