PUBLIK GEMPAR ,Joey Suk Mau Untuk Dinaturalisasi~Bintang Timnas Indonesia Lain Patut Waspada

Joey Suk, Pemain Keturunan Indonesia yang Jadi Andalan Tim Kroasia
Joey Suk, Pemain Keturunan Indonesia yang Jadi Andalan Tim Kroasia

Joey Suk masih menikmati kariernya di Eropa. Namun suatu saat, gelandang berusia 31 tahun ini berharap dapat bermain di Liga 1 dan juga berseragam Timnas Indonesia.

Joey Suk adalah pemain kelahiran Deventer, Belanda, 8 Juli 1989. Dia hampir dinaturalisasi oleh PSSI pada 2011 ketika usianya baru 22 tahun.

Joey Suk, yang memiliki darah Indonesia dari orang tua ibunya, berubah pikiran ketika itu karena jiwa muda yang masih menguasainya.

“Saya masih mengikuti sepak bola Indonesia dan berharap di masa depan saya bisa bermain di Indonesia,” kata Joey Suk.

Dia juga berharap mendapatkan kesempatan kedua untuk dinaturalisasi demi mewujudkan keinginannya membela Timnas Indonesia.“Dan bermain untuk Timnas Indonesia. Itu akan menjadi kombinasi yang menarik,” imbuh pemain HNK Gorica itu.

Pada tahun lalu, Joey Suk pernah digosipkan akan digaet oleh Persija Jakarta. Namun, sang pemain membantah isu tersebut secara langsung.


Liga Kroasia musim ini tengah digemparkan dengan performa pemain keturunan Indonesia, Joey Suk yang menjelma sebagai bintang klub yang belum lama ini mencatat pencapaian individu.


Usianya sudah 34 tahun, Joey Suk tak kehilangan magis sebagai salah satu pesepak bola kenamaan keturunan Indonesia di Kroasia.

Joey Suk adalah pemain berkebangsaan Belanda, lahir pada 8 Juli 1989 di Kota Deventer dan saat ini tengah memperkuat klub HNK Gorica di Liga 1 Kroasia.Namanya sempat mencuat sebagai salah satu pemain naturalisasi, mengingat garis keturunan Indonesia yang dimilikinya.

Lebih dari satu dekade lalu, tepatnya pada 2011 Joey nyaris menjadi pemain naturalisasi timnas Indonesia jika proses berjalan lancar.


Joey hampir dinaturalisasi bersamaan dengan Diego Michiels. Sayangnya proses naturalisasi Joey Suk tak kunjung menemui titik terang.


Meski begitu, karier Joey Suk sebagai gelandang justru menikat pesat di Eropa, di mana dirinya melanglang buana bermain di Belanda, Belgia hingga Kroasia.

Memiliki postur tubuh 185 cm, Joey Suk selalu menjadi andalan lini tengah timnya hingga menorehkan rekor luar biasa sebagai pemain Belanda di Kroasia.


Karier Joey Suk dimulai saat membela Go Ahead U-19 pada 2008. Tak butuh waktu lama di mana setahun kemudian dirinya langsung masuk skuad utama.

Pada 2009 nilai pasar Joey Suk mencapai Rp869 juta, kariernya pun menanjak hingga memutuskan pergi ke Belgia pada 2013 membela Beerschot AC.


Dia tercatat cuma tujuh bulan berada di Belgia untuk kemudian kembali ke Belanda dengan bergabung bersama NAC Breda.


Tiga tahun dihabiskan Joey di sana sebelumkembali bergabung dengan klub yang membesarkan namanya, Go Ahead Eagles pada 2016.

Pada 2018, Joey kembali mencoba peruntungan di Kroasia bermain untuk HNK Gorica dan kini menjadi andalan hingga menorehkan catatan bermain lebih dari 100 laga untuk klub tersebut.Spesial di laga ke-100, manajemen HNK Gorica memberi penghargaan berupa sebuah jersey dengan nomor punggung 100 untuknya.

Biodata Singkat Joey Suk
Nama Lengkap: Joey Suk
Tanggal lahir / Umur: 8 Jul 1989 (33)
Tempat kelahiran: Deventer
Kewarganegaraan: Belanda
Tinggi: 1,85 m
Posisi: Gelandang Tengah


Karier Klub
2008 – Go Ahead II
2009 – Go Ahead Eagles
2013 – Beerschot AC
2013 – NAC Breda
2016 – Go Ahed Eagles
2018 – HNK Gorica


nextsport.id

Posting Komentar

© Besbol-Beritabola. All rights reserved. Premium By Raushan Design