Rekor Timnas Indonesia di Stadion My Dinh, Optimis Lolos ke Final Piala AFF 2022

Gagal meraih kemenangan di kandang, Timnas Indonesia kini dihadapkan dengan tugas berat memastikan tiket final Piala AFF 2022 di markas Timnas Vietnam di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi pada 9 Januari 2023 nanti.

Namun, Timnas Indonesia layak pede bisa menyingkirkan Vietnam di semifinal Piala AFF 2022. Berbicara soal Piala AFF dan Stadion My Dinh, markas Vietnam ini memang bisa dibilang merupakan 'rumah kedua' bagi Timnas Indonesia.

Sejak pertemuan kali pertama Timnas Indonesia melawan Vietnam di Piala AFF, Stadion My Dinh belum sekalipun memberi pil pahit untuk skuad Garuda.

Terhitung sejak kali pertama Indonesia dan Vietnam bertemu di Piala AFF pada tahun 1996, skuad Garuda punya rekor mentereng yang bisa dibanggakan.

Kali pertama Timnas Indonesia berkunjung di Stadion My Dinh terjadi di edisi Piala AFF 2000. Skuad Garuda bisa membereskan The Golden Star --julukan Timnas Vietnam-- dengan skor akhir 2-3.

Sementara itu, pertemuan kedua di Stadion My Dinh pun berlanjut pada edisi 2004. Sial bagi Vietnam, lagi-lagi mereka dipaksa menelan pil pahit saat berjumpa Indonesia. Kali ini tuan rumah tumbang dengan skor lebih menyakitkan yakni 0-3.

Setelah itu, Indonesia tercatat dua kali kembali ke Stadion My Dinh yakni pada Piala AFF 2014 dan Piala AFF 2016.

Hasil akhirnya pun masih mengecewakan bagi Vietnam. Pada 2014 mereka hanya bisa menahan imbang Timnas Indonesia dengan skor akhir 2-2.

Pun demikian saat keduanya berjumpa di Piala AFF 2016. Skuad Garuda yang saat itu masih dilatih mendiang Alfred Riedl berhasil menahan imbang Vietnam dengan skor 2-2.

Kini pada edisi Piala AFF 2022, Timnas Indonesia akan kembali melawat ke Hanoi, merasakan sensasi bermain di Stadion My Dinh pada leg kedua semifinal, 9 Januari nanti.

Mungkinkah Timnas Indonesia bisa menjaga rekor baik di Hanoi? Atau untuk kali pertama Vietnam mampu memetik kemenangan atas Indonesia di Piala AFF?

Leg pertama semifinal Piala AFF 2022 sendiri berakhir imbang. Timnas Indonesia ditahan seri 0-0 oleh Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/12/2023) petang.

Berikut daftar lawatan terakhir timnas Indonesia ke Stadion My Dinh di ajang Piala AFF:

2000: Vietnam Vs Timnas Indonesia 2-3
2004: Vietnam Vs Timnas Indonesia 0-3
2014: Vietnam Vs Timnas Indonesia 2-2
2016: Vietnam Vs Timnas Indonesia 2-2




Suara.com

Posting Komentar

© Besbol-Beritabola. All rights reserved. Premium By Raushan Design