Peran Sentral Ricky Kambuaya di Lini Tengah Timnas Indonesia: Gelandang Serba Bisa Idaman STY

 Ricky Kambuaya merupakan wajah dari transformasi Timnas Indonesia. Ia baru mendapatkan panggilan membela negara saat masih memperkuat Persebaya Surabaya pada musim lalu.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sepertinya melihat bakat terpendam dari pemain asal Sorong tersebut. Ia begitu kesengsem dengan performa pemain yang bahkan masih membela klub Liga 2, PS Mojokerto Putera, pada 2018 tersebut.

Kepercayaan itu pada akhirnya tak disia-siakan pemain yang kini berseragam Persib Bandung tersebut. Walaupun pengalaman bermain di level tertinggi terbilang minim, Ricky Kambuaya mampu menjadi katalisator permainan Tim Garuda.

Bukan tanpa alasan bila pelatih yang akrab disapa STY tersebut begitu mengandalkannya. Bersama kompatriotnya di Persib, Marc Klok, keduanya seolah menjadi roh lini tengah Tim Merah Putih.

Lantas, apa yang membuat pemain berusia 26 tahun ini begitu istimewa untuk Timnas Indonesia? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Pemain Serba Bisa

<p>Pemain Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya berusaha mengumpan bola&nbsp;saat laga FIFA Match Day antara Timnas Indonesia melawan Timnas Curacao di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (27/09/2022). (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)</p>
Pemain Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya berusaha mengumpan bola saat laga FIFA Match Day antara Timnas Indonesia melawan Timnas Curacao di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (27/09/2022). (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)

Salah satu keunggulan Kambuaya yang mungkin sulit disamai pemain lain adalah kemampuannya dalam menyerang dan bertahan yang sama baiknya. Inilah yang diyakini membuat pelatih Shin Tae-yong selalu mengandalkannya di sektor tengah.

Sebagai seorang gelandang, Ricky Kambuaya tak jijik melakukan tugas-tugas kotor untuk menghentikan serangan lawan. Namun, dirinya juga terbilang fasih dalam membantu timnya melakukan serangan.

Kontrol bola yang lengket ditunjang kemampuan mengatur tempo permainan membuat posisinya begitu paten dalam skema permainan Timnas Indonesia. Wonderkid Indonesia, Marselino Ferdian pun begitu sulit menggeser posisinya.

Apa Selanjutnya?

<p>Pemain Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya saat laga uji coba FIFA Matchday antara Timnas Indonesia menghadapi Curacao di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat, Sabtu (24/9/2022) malam WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)</p>
Pemain Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya saat laga uji coba FIFA Matchday antara Timnas Indonesia menghadapi Curacao di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat, Sabtu (24/9/2022) malam WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Saat ini, Kambuaya saat ini terpaksa meninggalkan Persib yang sedang berjibaku di BRI Liga 1 2022/23. Eks pemain PSS Sleman itu tengah menjalani pemusatan latihan (TC) bersama Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2022.

Shin Tae-yong telah menargetkan turnamen terbesar se-Asia Tenggara tersebut sebagai target terdekat yang mungkin diraih. Untuk itulah, pelatih berusia 52 tahun itu mempersiapkan diri hingga berminggu-minggu.

Bagi Kambuaya, ini merupakan gelaran Piala AFF keduanya secara beruntun. Pada edisi sebelumnya, ia harus menanggung pahit setelah takluk dari Thailand dengan agregat sangat telak 2-6.

Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

<p>Piala AFF - Ilustrasi Piala AFF 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>
Piala AFF - Ilustrasi Piala AFF 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)

23 Desember 2022

Timnas Indonesia Vs Kamboja

26 Desember 2022

Brunei Darussalam Vs Timnas Indonesia

29 Desember 2022

Timnas Indonesia Vs Thailand

2 Januari 2023

Filipina Vs Timnas Indonesia 



bola.com

Posting Komentar

© Besbol-Beritabola. All rights reserved. Premium By Raushan Design