Postingan

Kalah Sekalipun dari Thailand dan Filipina, Timnas Indonesia Tetap Lolos ke Semifinal Piala AFF 2022, Begini Syaratnya!

   

KALAH sekalipun dari Piala AFF 2022. Hanya saja, skenario ini tercapai harus melalui beberapa syarat yang teramat rumit.

Sekadar diketahui, Timnas Indonesia saat ini menempati posisi dua Grup A Piala AFF 2022 dengan koleksi enam angka, hasil dari dua pertandingan. Koleksi poin itu sama persis dengan Thailand di puncak klasemen yang juga telah menjalani dua pertandingan.

Timnas Indonesia

Skuad Gajah Perang –julukan Thailand– berada di posisi yang lebih baik karena unggul selisih gol ketimbang Timnas Indonesia, yakni +9 berbanding +8. Kemudian, berturut-turut di posisi tiga ada Kamboja dengan tiga poin dari dua pertandingan, Filipina (tiga poin, tiga pertandingan) dan Brunei (nol poin, tiga pertanndingan).

Sesuai jadwal, Timnas Indonesia masih akan menjamu Thailand pada Kamis, 29 Desember 2022 dan bertandang ke markas Filipina pada Senin, 2 Januari 2023. Seperti yang sudah diutarakan di atas, Timnas Indonesia tetap lolos ke semifinal Piala AFF 2022 meskipun kalah dari Thailand dan Filipina.

Namun, ada sejumlah syarat yang melatarbelakangi. Pertama, Timnas Indonesia tidak boleh kalah telak dari Thailand dan Filipina. Ambil contoh dalam laga tersebut, Timnas Indonesia kalah tipis 0-1 dari Thailand dan Filipina.

Jika kondisi itu terjadi, Timnas Indonesia menutup fase grup dengan koleksi enam angka dan selisih gol +6. Sementara itu, Filipina menyelesaikan fase grup dengan raihan enam angka dan selisih gol 0.


Berhubung selisih gol menjadi tolok ukur utama ketika ada dua tim atau lebih memiliki poin sama, posisi Timnas Indonesia otomatis masih lebih tinggi ketimbang The Azkals –julukan Filipina.Sekarang, bagaimana dengan Kamboja, tim yang juga masih berpeluang lolos ke semifinal Piala AFF 2022? Kamboja dijadwalkan bertemu Brunei Darussalam pada Kamis, 29 Desember 2022.

(Kamboja masih berpeluang lolos ke semifinal Piala AFF 2022)

Di atas kertas, Pasukan Angkor bakal menang atas Brunei. Kemenangan dengan skor telak berpotensi disabet skuad asuhan Ryu Hirose tersebut. Semisal menang 5-0 atas Brunei, koleksi poin Kamboja menembus enam poin dan selisih gol +5.

Sejauh ini, Timnas Indonesia masih lebih baik ketimbang Kamboja. Meski sama-sama mempunyai poin enam, Timnas Indonesia unggul selisih gol atas Kamboja. Setelah itu, harapannya Kamboja tumbang di tangan Thailand dalam laga yang berlangsung pada Senin, 2 Januari 2023.

Jika Kamboja tumbang dari Thailand, Timnas Indonesia otomatis mengungguli Kamboja dan Filipina dalam hal selisih gol. Namun, catatan di atas hanyalah skenario buruk.

Timnas Indonesia bisa lolos ke semifinal Piala AFF 2022 lewat cara yang elegan, yakni menang atas Thailand dan Filipina. Jika kemenangan disabet di dua partai sisa, Timnas Indonesia resmi lolos ke semifinal Piala AFF 2022 sebagai juara grup.


bola.okezone.com

Posting Komentar

© Besbol-Beritabola. All rights reserved. Premium By Raushan Design