Postingan

Pesona Justin Hubner, Solusi Lini Belakang Timnas Indonesia U-20 Biar Tambah Kuat

Persiapan menjelang perhelatan Piala Dunia U-20 tahun depan, PSSI terus berupaya mendatangkan pemain keturunan untuk proses naturalisasi. Terbaru, nama Justin Hubner dan Ivan Jenner telah mendarat di Indonesia dan sudah ikut bergabung dalam pemusatan latihan di Eropa.

Khusus nama Justin Hubner, ia sudah lama menjadi buah bibir karena sempat diminati oleh Shin Tae-Yong untuk dipanggil ke Timnas Indonesia U-20. Namun Hubner lebih memilih bergabung ke Timnas Belanda U-19.

Kini tenaga dan kemampuan Justin Hubner disebut sangat dibutuhkan Timnas Indonesia U-20. Pemain berposisi sebagai bek tengah itu dinilai bisa memperkuat lini belakang skuad arahan Shin Tae-yong nanti.

Kemampuan Justin Hubner juga banyak diperbincangkan, terlebih saat ini dia sedang membela Wolverhampton Wanderers U-21. Kehadiran Hubner akan menambah warna baru di skuad Garuda muda. Simak profil Justin Hubner berikut ini.

Darah Indonesia dari Ayah

<p>Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia U-20, Justin Hubner. (PSSI).</p>
Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia U-20, Justin Hubner. (PSSI).

Justin Hubner merupakan anak dari ayah yang berdarah asli Indonesia yang berasal dari Jakarta. Sedangkan ibunya berasal dari Belanda.

Melansir akun Youtube Yussa Nugraha beberapa waktu lalu, Justin Hubner menjelaskan bahwa dirinya memiliki darah Indonesia dari ayahnya yang berasal dari Jakarta.

"Ayah saya orang Indonesia sepenuhnya, ibu saya Belanda sepenuhnya," imbuh Justin Hubner.

"Opa dan Omaku juga berasal dari Indonesia. Dari pihak ayahku semuanya dari Indonesia," jelas Hubner

"Aku ada keluarga di Jakarta dan di Makassar," lanjut Hubner.

Pengalaman di Eropa

<p>Justin Hubner menjadi satu di antara sejumlah pemain yang kabarnya bersedia di naturalisasi untuk kepentingan Timnas Indonesia U-20. (Instagram/@justinhubner5)</p>
Justin Hubner menjadi satu di antara sejumlah pemain yang kabarnya bersedia di naturalisasi untuk kepentingan Timnas Indonesia U-20. (Instagram/@justinhubner5)

Pemain berusia 19 Tahun tersebut saat ini merumput di Liga Inggris. Dirinya menjadi bagian dari klub junior Premier League Wolverhampton Wanderers U-21.

Bersama klubnya, Hubner bermain di kompetisi pembinaan usia muda klub Premier League atau Premier League 2. Hubner sempat mengantarkan The Wolves menjadi juara di play off Premier League 2 Division 2.

Pemain yang berposisi sebagai bek tersebut memang menjadi andalan di Wolverhampton Wanderers U-21. Justin Hubner juga sempat bertanding membela Jong Oranje Timnas Belanda muda di Kualifikasi Elite Round Piala Eropa U-19 2022 pada tahun 2021.

Hubner berhasil membawa Belanda melaju ke Piala Eropa dengan tiga kali kemenangan atas Israel, Siprus, dan Moldova. Namun sayang turnamen tersebut harus berubah format yang membuat Belanda harus batal tampil.

Pada 24 Oktober 2022 Justin Hubner mengaku lebih menerima tawaran bermain untuk Indonesia. Dia ingin membanggakan keluarga besarnya yang memiliki keturunan Indonesia.

Tambah Kekuatan

<p>Pemain keturunan di Timnas Indonesia U-20, Justin Hubner. (dok. PSSI)</p>
Pemain keturunan di Timnas Indonesia U-20, Justin Hubner. (dok. PSSI)

Kekuatan Timnas Indonesia nantinya bakal semakin solid di lini pertahanan dengan kehadiran Justin Hubner. Bayangkan jika Justin Hubner dan Elkan Baggott bersama di pusat pertahanan Timnas Indonesia.

Cara bermain pun hampir sama seperti pemain naturalisasi Indonesia, Elkan Baggott. Sedikit yang membedakan, Hubner terlihat lebih agresif dan memiliki skill yang luar biasa. Sementara dari postur, Elkan Baggott sedikit lebih tinggi.

Satu yang menarik, seperti apa kompisisi lini pertahanan Timnas Indonesia jika Justin Hubner resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI)? Apakah dia menjadi tandem atau bersaing memperebutkan satu posisi dengan Elkan Baggott?

Tandem Ideal dengan Elkan Baggott

Justin Quincy Hubner, wonderkid Wolverhampton Wanderers yang punya darah Indonesia. (Dok. Instagram/Justin Hubner)
Justin Quincy Hubner, wonderkid Wolverhampton Wanderers yang punya darah Indonesia. (Dok. Instagram/Justin Hubner)

Jika melihat permainan Justin Hubner pada Jumat (11/11/2022), dia menempati posisi dan cara bermain yang sama dengan Elkan Baggott. Maklum, keduanya sama-sama bermain di Liga Inggris.

Baggott sekarang bermain di klub League Two atau liga kasta keempat Inggris, Gillingham FC. Sementara Hubner bersama Wolverhampton U-21.

Namun, jika harus dipasangkan bersamaan, pelatih Shin Tae-yong harus memikirkan posisi yang pas, karena kedua pemain sama-sama mengandalkan kaki kiri.

Tentu masih ada kemungkinan mereka bermain bersama di level senior. Apalagi postur kedua pemain tergolong sama-sama tinggi. Itu menjadi nilai plus saat menghadapi lawan dengan postur yang jangkung.

Namun, ada kemungkinan Baggott yang digeser sebagai gelandang bertahan atau bek kiri, karena dia pernah menjalaninya beberapa waktu lalu.

Bisa Bersaing

Justin Hubner dan Ivar Jenner menyambangi kantor PSSI, Senin (24/10/2022) sore untuk segera memulai proses naturalisasi. (Dok. PSSI)
Justin Hubner dan Ivar Jenner menyambangi kantor PSSI, Senin (24/10/2022) sore untuk segera memulai proses naturalisasi. (Dok. PSSI)

Namun, tidak menutup kemungkinan Justin Hubner dan Elkan Baggott harus bersaing. Ada satu stoper lain yang juga tengah menunggu pengesahan sebagai WNI, yaitu Jordi Amat. Pemain kelahiran Spanyol itu jadi sosok yang sarat pengalaman di lini pertahanan.

Jadi Hubner dan Baggott harus bersaing nantinya. Keduanya sebenarnya memiliki kelebihan tersendiri. Hubner memiliki kecepatan dan skill yang bagus, sementara Baggott lebih tenang dan memiliki intersep yang bagus.




bola.com

Posting Komentar

© Besbol-Beritabola. All rights reserved. Premium By Raushan Design