Teranyar, Komisi III DPR RI, Menkumham RI dan Menpora RI telah menyiapkan jadwal soal pembahasan naturalisasi Shayne Pattynama.

Shayne Pattynama yang kini tercatat membela klub di Norwegia, Viking FK, dijadwalkan mengikuti rapat dengan Komisi III DPR RI pada 9 November 2022.



Shayne Pattynama, Calon Pemain Timnas Indonesia yang bermain di Klub Norwegia, Viking VK (Twitter/NHSports)"[Jadwal] Komisi III DPR RI Rapat Kerja dengan Menkumham RI dan Menpora RI [dengan] pembahasan permohonan pertimbangan Kewarganegaraan RI atas nama Shayne Elian Jay Pattynama," tulis keterangan DPR RI.

Dalam pembahasannya, kemungkinan tidak jauh berbeda dengan proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Artinya setelah disetujui oleh Komisi III DPR RI, kemudian akan dilanjutkan pembahasan naturalisasi bersama dengan Komisi X.

Jika hasil rapat Komisi X menemui kesepakatan untuk menaturalisasi Shayne Pattynama, kemudian akan dilanjutkan dengan Rapat Paripurna.

Jika di rapat Paripurna DPR RI memberikan izin untuk naturalisasi Shayne Pattynama, langkah selanjutnya adalah menunggu SK dari Presiden.



Terakhir ketika SK sudah keluar maka Shayne Pattynama akan disumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Melihat proses dari Jordi Amat dan Sandy Walsh yang memakan waktu lebih dari dua bulan.

Sehingga kemungkinan besar Shayne Pattynama belum bisa memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Meski belum diperkuat oleh satu pemain naturalisasi, Timnas Indonesia mempunyai kabar baik.

Pasalnya Jordi Amat dan Sandy Walsh yang tinggal menunggu SK Presiden RI memiliki peluang besar untuk disumpah sebelum Piala AFF 2022.


Timnas Indonesia berada di Grup A bersama dengan Thailand, Filipina, Kamboja dan pemenang antara Timor Leste dan Brunei Darussalam.

Di Piala AFF 2022, Timnas Indonesia mengincar gelar juara.

Ditambah dua pemain naturalisasi kekuatan Timnas Indonesia besar kemungkinan menjadi semakin kuat.


bali.tribunnews.com