7 Penyerang yang Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022: Siapa Layak Main Inti?

Shin Tae-yong memanggil tujuh pemain berposisi penyerang ke Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022. Nah, dari tujuh nama tersebut, siapa yang pantas untuk menjadi ujung tombak andalan Skuad Garuda?

Idealnya, peran 'Nomor 9' Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 menjadi milik Dimas Drajad. Performa pemain 25 tahun tersebut sangat bagus. Bahkan, Dimas Drajad selalu mencetak gol pada tiga laga bersama Timnas Indonesia.


Hanya saja, Dimas Drajad mengalami cedera dan belum menghadiri pemusatan latihan Timnas Indonesia di Bali. Jadi, Dimas Drajad diragukan bisa bergabung dengan Skuad Garuda untuk Piala AFF 2022 karena kondisi itu.

Tanpa menghitung Dimas Drajad, Shin Tae-yong masih punya tujuh pemain depan di Timnas Indonesia. Lantas, bagaimana performa dan siapa yang layak menjadi pilihan utama di Piala AFF 2022.

Muhamad Rafli
Usia: 24 tahun
Klub saat ini: Arema FC
Gol di Liga: -

Rafli mendapat panggilan dari Shin Tae-yong meskipun belum menjadi pemain utama di Arema FC. Namun, terlepas dari performa di klub, Rafli adalah pemain yang spesial di mata pelatih asal Korea Selatan.

Rafli masuk skuad Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023. Rafli menjadi supersub dengan kemampuan memainkan banyak peran di lini depan. Rafli juga masuk skuad Timnas Indonesia pada dua laga uji coba lawan Curacao.

Witan Sulaeman 

Usia: 21 tahun
Klub saat ini: AS Trencin
Gol di Liga: 1

Witan Sulaeman dalam tren yang cukup bagus di AS Trencin. Walau tidak selalu menjadi pilihan utama dari pelatih Marian Zimen, Witan mulai mendapat performa terbaiknya. Bahkan, Witan sempat mencetak dua gol pada dua laga beruntun.

Witan telah mencetak satu gol di Super Liga Slovakia dan tiga gol dai Piala Slovakia. Performa apik Witan bersama Trencin diprediksi bakal membawa dampak besar bagi Timnas Indonesia.

Dendy Sulistyawan 

Usia: 26 tahun
Klub saat ini: Bhayangkara FC
Gol di Liga: 2

Dendy menepis semua keraguan dengan performa apik yang ditunjukkan pada uji coba lawan Curacao. Eks Persela Lamongan itu mencetak satu gol pada laga kedua lawan Curacao.

Dendy bisa memberi banyak opsi bagi Shin Tae-yong. Dendy bisa bermain sebagai penyerang tengah, winger, dan pemain sayap murni. Sebagai penyerang etos kerja Dendy sangat tinggi dan mau membantu pertahanan.

Egy Maulana Vikri 

Usia: 22 tahun
Klub saat ini: Zlate Moravce
Gol di Liga: -

Egy Maulana masih berjuang mendapatkan level terbaiknya usai cedera. Egy Maulana belum mendapat kesempatan bermain secara reguler di Liga Slovakia bersama Zlate Moravce.

Sejauh ini, Egy lebih sering memulai laga dari bangku cadangan. Meskipun begitu, eks pemain Lechia Gdansk perlahan mulai mendapat ritme permainan terbaiknya dan akan menjadi pemain penting bagi Timnas Indonesia.

Sadil Ramdani

Usia: 23 tahun
Klub saat ini: Sabah FC (sampai 30 November 2022)
Gol di Liga: 4

Seperti Witan dan Egy, Saddil buka tipe penyerang murni. Mantan pemain Persela Lamongan itu adalah winger. Namun, Saddil bisa menjadi salah satu opsi mendulang gol bagi Timnas Indonesia.

Saddil tampil cukup bagus bersama Sabah FC pada musim 2022. Saddil mencetak empat gol dan enam assist dari 17 laga. Saddil tampil konsisten dan membawa Sabah bersaing di papan atas klasemen Liga Super Malaysia.

Ramadhan Sananta 

Usia: 20 tahun
Klub saat ini: PSM Makassar
Gol di Liga: 3

Sananta tampil menjanjikan bersama PSM Makassar. Di bawah didikan Bernardo Tavares, eks pemain Persikabo 1973 itu berkembang pesat. Tidak heran jika namanya terus dilirik Shin Tae-yong.

Sananta telah memainkan debut bersama Skuad Garuda pada laga uji coba lawan Curacao, September 2022 lalu. Walau belum mampu mencetak gol, Sananta diyakini banyak belajar dan mengambil pengalaman dari laga tersebut.

Ilija Spasojevic 

Usia: 35 tahun
Klub saat ini: Bali United
Gol di Liga: 7

Spasojevic menjadi pemain penyerang paling tua yang dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia. Spasojevic punya catatan dua caps resmi dan tiga gol bersama Skuad Garuda.

Baca Juga : 3 Kerugian Timnas Indonesia Andai Rusia Gabung AFC, Lolos Piala Dunia Kian Sulit


Spaso sejak lama dianggap layak berada di skuad Timnas Indonesia. Musim lalu, Spaso mencetak 23 gol dan menjadi top skor Liga 1. Kini, waktunya bagi Spaso membuktikan kualitasnya bersama Timnas Indonesia usai dua kali juara Liga 1 bersama Bali United.

Daftar Pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022

Kiper: Nadeo Arga Winata, Syahrul Trisna, Muhammad Riyandi

Belakang: Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Pratama Arhan, Hansamu Yama, Andy Setyo, Edo Febriansyah

Tengah: Marselino Ferdinan, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Dzaky Asraf, Yakob Sayuri

Depan: Muhammad Rafli, Witan Sulaeman, Dendy Sulistyawan, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, Ramadhan Sananta, Ilija Spasojevic


Posting Komentar

© Besbol-Beritabola. All rights reserved. Premium By Raushan Design