Postingan

Penyebab Gol Penalti Palestina Dianulir Wasit saat Hadapi Timnas Indonesia U-17, Ini Penjelasannya!

   

PENYEBAB gol penalti Palestina dianulir wasit saat hadapi Timnas Indonesia U-17 akan diulas dalam artikel ini. Sebagaimana diketahui, Palestina sempat mendapat penalti ketika berhadapan kontra Timnas Indonesia U-17 di Kualifikasi piala Asia U-17 2023 pada Jumat 7 Oktober 2022 malam WIB.

Itu terjadi tak lama setelah pemain Timnas Indonesia U-17 Habi Abdillah mencetak gol pada menit ke-51. Saat itu Husam Alshaer ditunjuk sebagai eksekutor penalti. Tembakan Husam membentur mistar gawang.

Timnas Indonesia U-17

Kemudian memantul melewati garis gawang yang dikawal Andrika Fathir Rachman. Bola lalu kembali disambar oleh Husam Alshaer dan mendarat mulus di gawang Timnas Indonesia U-17.

Akan tetapi, wasit Ahmed Al-Shammari menganulir gol tersebut. Hal itu disebabkan adanya diatur IFAB Laws of the Game edisi terbaru.

Sayangnya, wasit di laga tersebut tidak bisa melihat kejadian tersebut melalui Video Assistant Referee (VAR). Karena teknologi VAR belum tersedia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.


Sontak semua pihak pun cukup kaget dengan hal itu. Alih-alih memberikan penalti ulang, wasit asal Qatar itu malah memberi tendangan bebas untuk Andrika Fathir. Komentator yang bertugas pada laga itu pun sempat kebingungan. Mereka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencari tahu dan menjelaskan apa yang terjadi.

Timnas Indonesia U-17Namun masalah tersebut terjawab melalui Laws of the Game edisi terbaru. Dalam aturan terbaru, eksekutor penalti tidak boleh menyambar bola rebound jika mengenai mistar gawang.

Gol akan disahkan jika bola rebound hasil terkena mistar gawang, disambar oleh rekan setim. Hal itu cukup menjelaskan mengapa gol penalti Husam Alshaer dianulir dan tidak dikenakan penalti ulang.

“Penendang dilarang menyentuh bola lagi sebelum menyentuh pemain lain, akan dikenakan tendangan bebas tidak langsung,” tulis Laws of the Game edisi 2022-2023.

Terlepas dari itu semua, Timnas Indonesia U-17 berhasil mendulang kemenangan 2-0 atas Palestina di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Hasil itu membuat Garuda Asia kembali ke puncak klasemen dengan koleksi 9 poin.

Selanjutnya, Timnas Indonesia U-17 bakal berjumpa Timnas Malaysia di laga pamungkas Grup B Kualifikasi piala Asia U-17 2023, Pertandingan itu digelar pada Minggu, 9 Oktober 2022.


bola.okezone.com

Posting Komentar

© Besbol-Beritabola. All rights reserved. Premium By Raushan Design