Postingan

Miris! Hanya 1 Pemain Garuda Select yang Dipanggil ke Timnas Indonesia U-16

M. Hanif Ramadhan, pemain jebolan Garuda Select yang dipanggil ke Timnas Indonesia U-16.

Hanya ada satu pemain jebolan Garuda Select yang dipanggil untuk pemusatan latihan (TC) dan seleksi Timnas Indonesia U-16, jelang Piala AFF U-16 2022.

Sebagaimana diketahui, Garuda Select adalah program pembinaan pemain sepak bola muda Indonesia di Inggris. Program ini sudah berlangsung selama empat musim.

Pemain yang diseleksi umumnya adalah usia U-16. Sehingga, para pemain diproyeksikan untuk jadi tumpuan Timnas Indonesia U-16.

Namun nyatanya, dari program Garuda Select 4 yang sudah selesai dilangsungkan di awal tahun 2022 lalu, hanya terdapat satu pemain yang kini dipanggil ke Timnas U-16.

Adapun pemain tersebut ialah Muhammad Hanif Ramadhan, pemain berusia 16 tahun yang berposisi sebagai gelandang tengah.

Potensi Hanif Ramadhan terlihat ketika ia membela T.Eleven di ajang Piala Jakarta. Kala itu, mantan pemain Chelsea, Dennis Wise, jatuh cinta pada aksinya di lapangan.

Hanif kemudian dipanggil untuk menjalani latihan dan uji coba di Inggris, dalam ajang Garuda Select. Ia kerap menjadi andalan di lini tengah, bergantian dengan pemain lain.

Walau kalah jam terbang dari penggawa Garuda Select lainnya, tetapi Hanif yang usianya tidak melewati 16 tahun, masih masuk kriteria Timnas Indonesia U-16.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti yang langsung menunjuknya, bersamaan dengan penunjukkan 29 pemain lain untuk mengarungi kompetisi Piala AFF U-16 2022.

Pelatih kepala Garuda Select, Des Walker nyatanya pernah menghancurkan Liverpool sebanyak dua kali di kompetisi Liga Inggris beberapa musim silam.

Pujian dari Pelatih Inggris

Selama mengikuti program Garuda Select di Inggris, Hanif Ramadhan kerap mendapat pujian dari sang pelatih, Des Walker, seperti ketika ia tampil menghadapi MK Dons U-18.

Kala itu, Garuda Select menang 3-1 atas tim asal Inggris tersebut. Pelatih Des Walker memuji dua pemain tengahnya, Hanif Ramadhan dan Resa Aditya Nugraha.

"Hanif bermain bagus hari ini. Saya juga merasa Resa bermain bagus, dari pemain tengah ke pemain tengah, mereka sangat nyaman memainkan bola," ucap Des Walker.

"Walau sempat kesulitan di babak pertama, suntikan moril yang didapat di jeda waktu 45 menit pertama, membuat Garuda Select bangkit dan meraih kemenangan," ujarnya.

"Setelah 15 menit babak kedua, hanya ada satu pemenang, yaitu kita. Menyenangkan melihatnya, terutama bagi pelatih melihat pemain mulai memiliki rasa percaya diri."

"Mereka (pemain Garuda Select) mulai merasa mereka bagus, dan lebih baik dari lawan yang mereka hadapi," tuntas Walker.

Sejatinya, selain Hanif, masih ada pemain Garuda Select yang belum berusia 16 tahun, dan layak untuk dipanggil ke Timnas U-16.

Pemain itu adalah Krisna Sulistya, yang juga sempat mendapat julukan 'bocah ajaib' dan sudah pernah mendapat binaan dari pelatih Bima Sakti, tetapi kali ini ia tidak dipanggil.

Sekadar informasi, Timnas Indonesia U-16 berada di Grup A Piala AFF U-16 2022, dan akan menghadapi Vietnam, Singapura, dan Filipina, pada bulan Juli dan Agustus nanti.

Skuat Timnas Indonesia U-16.

Jadwal Timnas U-16 di Piala AFF U-16 2022

Minggu, 31 Juli 2022, pukul 20.00 WIB

Indonesia vs Filipina (Stadion Maguwoharjo)

Rabu, 3 Agustus 2022, pukul 20.00 WIB

Singapura vs Indonesia (Stadion Maguwoharjo)

Sabtu, 6 Agustus 2022, pukul 20.00 WIB

Indonesia vs Vietnam (Stadion Maguwoharjo)


indosport.com

Posting Komentar

© Besbol-Beritabola. All rights reserved. Premium By Raushan Design