Postingan

5 Pemain Timnas Indonesia yang Layak Main di Liga Jepang atau Korea Selatan jika PSSI Gabung EAFF, Nomor 1 Penyerang Muda Haus Gol

SEBANYAK 5 pemain Timnas Indonesia yang layak main di Liga Jepang atau Korea Selatan jika PSSI gabung EAFF akan dibahas dalam artikel ini. Ya, seperti diketahui indikasi sepakbola gajah yang berlangsung di Piala AFF U-19 2022 silam berdampak besar hingga saat ini.

Imbasnya, Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) diminta untuk segera pindah naungan dari Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) menuju Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF). Jika benar itu terjadi maka Timnas Indonesia cukup diuntungkan.

Pasalnya, skuad Merah Putih bakal berjumpa tim-tim kuat seperti Korea Selatan, Jepang, maupun China. Akan tetapi, sebelum membahas jauh ke sana, Tim Okezone telah merangkum pemain Timnas Indonesia yang layak main di kompetisi di bawah EAFF, yaitu Liga Jepang atau Korea Selatan, agar Timnas Indonesia bisa bersaing.

Lantas, siapa saja pemain itu? Berikut 5 pemain Timnas Indonesia yang layak main di Liga Jepang atau Korea Selatan jika PSSI gabung EAFF:

5. Nadeo Arganiwata

Sudah menjadi kiper Timnas Indonesia sejak era Shin Tae-yong membuat nama Nadeo Argawinata diyakini layak bersaing di level Asia. Ya, seperti diketahui saat ini Nadeo Argawinta bermain untuk Bali United di Liga 1 Indonesia.

Sejauh ini, penampilannya pun cukup apik, baik di bawah mistar gawang Bali United maupun Timnas Indonesia. Bahkan, Nadeo Argawinata berkontribusi atas keberhasilan Bali United menyegel juara Liga 1 2021-2022 silam.

4. Ricky Kambuaya

Berikutnya, ada Ricky Kambuaya, salah satu gelandang serang yang kerap diandalkan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Saat ini, Ricky Kambuaya memang baru pindah ke Persib Bandung. Ia pun masih perlu penjajakan di klub yang berbasis di Kota Bandung itu.

Akan tetapi, jika tim di Liga Jepang atau Liga Korea Selatan memerlukan gelandang pengangkut air, Ricky Kambuaya cocok dimasukkan. Sebab, Ricky Kambuaya memiliki daya juang tinggi dan tak segan menusuk ke jantung pertahanan lawan, meski hanya berposisi gelandang tengah.

3. Saddil Ramdani

Tak jauh berbeda dari Ricky Kambuaya. Pemain satu ini juga punya tipikal yang ngotot di lapangan. Ya, siapa lagi kalau bukan Saddil Ramdani, winger 23 tahun yang kini berkarier di Sabah FC, klub Malaysia.

Kendati masih 23 tahun, kemampuan Saddil Ramdani nyatanya mampu memikat klub tetangga. Selain itu, bermain di Malaysia bukan yang pertema bagi Saddil Ramdani. Sebelum hijrah ke Sabah FC dari Bhayangkara FC, Saddil Ramdani sudah mencicipi Liga Malaysia bersama Pahang FC. Ketika itu Saddil Ramdani dibajak dari Persela Lamongan pada 2019.

2. Marselino Ferdinan

Lahir di Jakarta pada 9 September 17 tahun silam, Marselino Ferdinan justru memulai karier profesionalnya di Persebaya Surabaya. Ya, jauh dari ibu kota, Marselino Ferdinan bisa bersaing di klub yang berbabisi di Kota Suarabaya, Jawa Timur itu.

Bahkan, Marselino Ferdinan sendiri kerap dipercaya turun sebagai pemain utama Persebaya Suarabaya. Selain itu, di level Timnas Indonesia, tak perlu diragukan!

Shin Tae-yong sudah mempercayai Marselino Ferdinan di tiga level Timnas Indonesia. Mulai dari U-19, U-23, hingga jenjang senior sudah dicicipi olehnya. Sebab demikian, tim Liga Jepang atau Liga Korea Selatan tak perlu ragu dengan kemampuan Marselino Ferdinan.

1. Rabbani Tasnim

Membela Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala AFF U-19 2022 silam, membuat Rabbani Tasnim mencuat. Penyerang Borneo FC ini memang dijadikan andalan oleh Shin Tae-yong sebagai daya gedor skuad Garuda Nusantara di Piala AFF U-19 2022.

Bahkan, pemain 19 tahun itu jadi salah satu penyerang haus gol di Piala AFF U-19 2022. Selama kompetisi berlangsung, Rabbani Tasnim sudah mencetak empat gol dan sejajar dengan Hokky Caraka, kompatriotnya di Timnas Indonesia U-19. Selain itu, ia hanya terpaut satu gol dari Nguyen Quoc Viet, striker Timnas Vietnam U-19, yang sudah koleksi lima gol.


Okezone.com

Posting Komentar

© Besbol-Beritabola. All rights reserved. Premium By Raushan Design